Cara Menyembuhkan Otitis Media: 14 Langkah

Peradangan pada telinga tengah, atau labirinitis (neuritis vestibular), adalah suatu kondisi di mana terjadi pembengkakan dan peradangan pada telinga bagian dalam, penyebab umumnya adalah virus dan, lebih jarang, bakteri. [1] X Sumber penelitian Manifestasi labirinitis yang paling umum termasuk gangguan pendengaran, vertigo, pusing, kehilangan keseimbangan, dan mual. [2] X Sumber penelitian Sebagian besar gejala yang lebih serius akan hilang dalam waktu sekitar satu minggu, tetapi Anda masih dapat merasa lega sambil menunggu gejala yang tidak menyenangkan itu. Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti beberapa instruksi yang kami tawarkan kepada Anda di artikel kami. [3] X Sumber penelitian

Pengobatan Rumahan Untuk Gejala Otitis Media

Jak vyléčit zánět středního ucha: 14 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Kenali gejala labirinitis. Bagian dalam telinga sangat penting untuk pendengaran kita dan untuk menjaga keseimbangan. Peradangan pada telinga tengah dan pembengkakan yang menyertainya dapat menyebabkan hilangnya kedua indra ini, yang mengakibatkan pembengkakan yang berjenjang dari masalah-masalah lain. Gejala yang paling umum dimana Anda dapat mengenali otitis media meliputi:

Vertigo (perasaan keseimbangan terganggu saat berdiri tegak – Anda pusing)

Sulit memusatkan penglihatan, mata bergerak sendiri

Pusing

Gangguan pendengaran

Ketidakseimbangan

Mual dan muntah

Tinnitus (dering atau suara lain di telinga)

Jak vyléčit zánět středního ucha: 14 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Hindari aktivitas yang dapat memperumit atau memperburuk kondisi Anda. Jika Anda baru saja menderita penyakit tertentu (pilek dan flu) atau infeksi pada sistem pernapasan dan pendengaran, Anda berada pada risiko yang signifikan terkena otitis media. Selain penyakit-penyakit tersebut, yang sulit dihindari, ada juga peningkatan aktivitas dan kondisi yang dapat memengaruhi diri Anda sendiri. Ini termasuk, misalnya:

Konsumsi alkohol berlebihan

Kelelahan

Alergi parah

Merokok

Stres

Obat-obatan tertentu (seperti aspirin)

Jak vyléčit zánět středního ucha: 14 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Minumlah antihistamin yang dijual bebas. Antihistamin yang dijual bebas digunakan untuk mengobati alergi dan dapat mengurangi penyumbatan akibat infeksi sebelumnya yang dapat menyebabkan pembengkakan dan otitis media. Antihistamin yang umum tersedia termasuk diphenhydramine (Benadryl), cetirizine (Zyrtec), loratadine (Claritin), desloratadine (Clarinex), dan fexofenadine (Allegra).

Sebagian besar antihistamin dapat menyebabkan kantuk, jadi Anda harus selalu membaca informasi di leaflet atau kemasan dengan hati-hati. Jangan melebihi dosis yang dianjurkan.

Jak vyléčit zánět středního ucha: 14 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Minum obat gratis untuk meredakan pusing. Karena otitis media paling sering disebabkan oleh virus, Anda perlu menunggu sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus. Sementara itu, Anda bisa menggunakan pengobatan gratis untuk meredakan gejala labirinitis, termasuk pusing. Meclizine (Bonine, Dramamine atau Antivert) adalah salah satu obat yang paling umum digunakan yang tidak memerlukan resep dokter.

See also  Cara Mengalami Periode Yang Lebih Lemah

Jak vyléčit zánět středního ucha: 14 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Menekan vertigo. Labirinitis terkait biasanya memanifestasikan dirinya dalam serangan mendadak dan tidak bertahan terus menerus. Setelah Anda mengalami serangan vertigo yang disebabkan oleh labirinitis, Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk mengurangi efeknya. Metode:

Istirahat dan cobalah untuk tetap tenang. Jangan gerakkan kepalamu.

Jangan membuat perubahan tajam pada posisi Anda atau membuat gerakan tiba-tiba

Kembali ke aktivitas hanya dengan sangat lambat

Dapatkan bantuan untuk berjalan agar tidak terluka saat jatuh secara tiba-tiba

Hindari cahaya terang, televisi (dan layar elektronik lainnya) dan membaca

Jak vyléčit zánět středního ucha: 14 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Lakukan latihan untuk mengurangi vertigo. Ada beberapa latihan yang membantu meringankan serangan vertigo. Latihan yang paling efektif disebut Manuver Epley. Dengan manuver ini Anda dapat memindahkan partikel kecil di saluran telinga bagian dalam Anda. Jika partikel-partikel ini dipindahkan dari tempatnya, mereka dapat menyebabkan vertigo. Manuver Epley dilakukan sebagai berikut:

Duduk di tepi di tengah tempat tidur dan putar kepala Anda 45° ke arah yang menyebabkan vertigo.

Pegang kepala Anda pada sudut ini dan cepat berbaring telentang. Ini akan menyebabkan serangan vertigo yang relatif kuat. Tahan posisi ini selama tiga puluh detik.

Putar kepala Anda 90 ° ke arah yang berlawanan dan tahan selama tiga puluh detik lagi.

Putar kepala dan tubuh Anda ke arah yang sama (Anda sekarang harus dalam posisi menyamping dengan kepala di atas tepi tempat tidur pada sudut 45 ° ke tanah). Tahan posisi ini selama tiga puluh detik lagi dan kemudian duduk.

Ulangi lima atau enam kali sampai Anda berhenti merasakan vertigo yang kuat selama manuver.

Jak vyléčit zánět středního ucha: 14 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Setelah memperbaiki kondisi Anda, jangan lupa untuk mengambil tindakan tertentu. Meskipun gejala utama labirin ini hilang setelah sekitar satu minggu, Anda dapat mengamati gejala kecil lainnya tiga minggu kemudian (rata-rata). Pusing yang terus-menerus bisa sangat berbahaya, terutama saat tertabrak saat mengemudi, memanjat batu, atau memegang alat berat. Ambil tindakan pencegahan yang diperlukan dan pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memberi tahu Anda apakah aman untuk kembali ke aktivitas normal atau tidak.

See also  Cara Menghilangkan Wasir

Kunjungan dokter

Jak vyléčit zánět středního ucha: 14 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Belajarlah untuk mengenali kapan saatnya untuk mencari perhatian medis segera. Pada sebagian besar otitis media, sistem kekebalan Anda akan menangani penyakit itu sendiri. Namun, dalam beberapa kasus, labirinitis yang lebih jarang disebabkan oleh bakteri dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius (dan berpotensi mengancam jiwa), seperti meningitis. Jika Anda melihat salah satu dari gejala berikut, Anda harus segera mencari perhatian medis:

Kejang

Penglihatan ganda

Pingsan

Muntah parah

Bicara cadel, bingung

Vertigo dan demam di atas 38°C

Kelemahan atau kelumpuhan

Jak vyléčit zánět středního ucha: 14 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Buatlah janji dengan dokter Anda. Dalam kasus labirinitis, Anda harus mengunjungi dokter bahkan jika Anda tidak mengalami gejala yang lebih serius yang secara langsung akan membahayakan Anda. Dokter Anda akan menentukan etiologi otitis media (penyebab) Anda dan memberi tahu Anda apakah itu disebabkan oleh virus atau bakteri. Ia mungkin merekomendasikan tindakan lebih lanjut untuk mengurangi efek samping dari kondisi Anda selama perawatan dan mengurangi risiko kehilangan pendengaran permanen.

Jak vyléčit zánět středního ucha: 14 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Ikuti semua tes yang dibutuhkan dokter Anda. Jika dia berpikir bahwa kondisi Anda dapat disebabkan oleh apa pun selain labirinitis, dia mungkin ingin menguji Anda untuk penyakit lain dan mengesampingkan bahwa itu adalah sesuatu yang lebih serius. Anda mungkin dikirim untuk tes ini:

Elektroensefalografi (EEC)

Electronystagmography (ENG), yang menguji refleks mata Anda dan pemanasan / pendinginan telinga bagian dalam Anda

Computed tomography (CT) scan, yang menilai kondisi Anda berdasarkan rontgen kepala Anda secara mendetail

Pencitraan resonansi magnetik (MRI)

Tes pendengaran

Jak vyléčit zánět středního ucha: 14 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Minum obat labirinitis yang diresepkan. Dokter Anda mungkin meresepkan obat antivirus untuk kasus otitis media virus yang lebih serius. Dalam kasus labirinitis bakteri, ia meresepkan antibiotik. Tidak peduli obat apa yang telah Anda resepkan, minumlah persis seperti yang diinstruksikan sepanjang janji dengan dokter Anda.

See also  Cara Berhenti Merokok Ganja Setelah Bertahun-tahun

Jak vyléčit zánět středního ucha: 14 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Tanyakan tentang obat-obatan yang akan mengurangi gejala otitis media. Selain obat yang mengobati penyebab otitis media, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat yang akan membantu meringankan ketidaknyamanan terkait selama proses penyembuhan, seperti vertigo, pusing, dan lainnya (tercantum di atas). Beri tahu dokter Anda tentang antihistamin, Dramamine, atau obat bebas lainnya yang Anda konsumsi sebelum berkonsultasi dengan dokter Anda. Dokter Anda kemudian akan memberi Anda perawatan khusus yang perlu Anda ikuti. Obat-obatan yang biasa diresepkan dalam hal ini antara lain:

Proklorperazin (compazin) untuk mengontrol mual dan muntah

Skopolamin untuk meredakan pusing

Obat penenang seperti diazepam (Valium)

Steroid (prednison, metilprednisolon nebo decadron)

Jak vyléčit zánět středního ucha: 14 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Dalam kasus masalah kronis, tanyakan kepada dokter Anda tentang terapi rehabilitasi vestibular (VRT). Jika gejala Anda tidak merespon pengobatan dan menjadi masalah kronis, Anda harus meminta dokter Anda untuk terapi rehabilitasi vestibular. VRT adalah terapi yang dapat membantu Anda beradaptasi dengan gejala labirinitis. Strategi umum yang digunakan dalam terapi ini meliputi:

Latihan stabilisasi penglihatan: latihan ini akan membantu otak Anda beradaptasi dengan sinyal baru dari bagian sistem vestibular yang terpengaruh (sistem yang membantu Anda dalam orientasi). Latihan umum termasuk memperbaiki pandangan terhadap tujuan tertentu dan gerakan kepala secara simultan.

Latihan Pemulihan Saluran: Gejala labirinitis kronis dapat menyebabkan perubahan yang terkait dengan sinyal saraf yang memastikan keseimbangan dan gaya berjalan Anda. Latihan-latihan ini akan meningkatkan koordinasi dengan membantu Anda beradaptasi dengan informasi sensorik yang terpengaruh yang Anda terima dari mata dan sistem vestibular Anda.

Bersiaplah bahwa Anda harus menyelesaikan satu atau dua sesi seminggu selama empat hingga enam minggu karena VRT.

Jak vyléčit zánět středního ucha: 14 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Sebagai upaya terakhir, menjalani operasi. Dalam kasus yang sangat jarang, dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk menjalani operasi agresif, yang diperlukan untuk menghentikan gejala labirinitis lanjut sebelum berubah menjadi meningitis atau ensefalitis yang sangat berbahaya dan berpotensi fatal. Prosedur ini termasuk labirinektomi (pengangkatan bagian telinga bagian dalam yang terkena), yang mencegah penyebaran infeksi.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.