Cara Mengonsumsi Lebih Banyak Vitamin A: 13 Langkah

Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak yang sangat penting untuk kesehatan kita. Kami menerima karotenoid dan beta karoten dari tumbuhan dan retinol dari daging. Karena vitamin A larut dalam lemak, penting untuk tidak berlebihan, karena kelebihan vitamin A disimpan dalam tubuh dan dapat bereaksi negatif dengan vitamin D dan mengganggu kesehatan tulang (ini terutama berlaku untuk vitamin A dalam bentuk retinol). [1] X Sumber Penelitian [2] X Sumber Penelitian Jika Anda mengetahui makanan mana yang mengandung vitamin A dalam jumlah besar, Anda dapat mengonsumsi cukup vitamin penting ini dari makanan Anda.

Penentuan kekurangan vitamin A

Jak přijímat více vitaminu A: 13 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Pelajari lebih lanjut tentang fungsi vitamin A. Vitamin A memainkan peran penting dalam sejumlah fungsi dan proses tubuh. Ini membantu menjaga kesehatan kulit, memastikan penglihatan yang lebih baik, mendukung pembentukan gigi dan tulang yang kuat, memelihara jaringan yang tepat dan fungsi selaput lendir (mencegah infeksi) dan juga diperlukan untuk pencernaan yang baik, fungsi pernapasan, reproduksi dan menyusui.

Jak přijímat více vitaminu A: 13 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Kenali gejala kekurangan vitamin A Gejala yang paling umum dari kekurangan vitamin A jangka panjang adalah rabun senja, atau xerophthalmia, yaitu gangguan kemampuan atau ketidakmampuan untuk melihat di malam hari. Pada pasien dengan defisiensi vitamin A, ulserasi kornea (radang dengan borok) dan keratomalacia (pelunakan kornea), pengeringan dan kekeruhan kornea juga dapat terjadi.

Ulkus kornea adalah luka terbuka yang terbentuk di lapisan luar jaringan di depan mata Anda.

Kekeruhan kornea adalah hilangnya penglihatan di bagian depan mata. Bagian mata ini biasanya jernih. Opacity menyebabkan penglihatan kabur atau ketidakmampuan total untuk membedakan objek.

Senja pertama kali dimanifestasikan oleh bintik-bintik segitiga atau oval di bagian temporal mata – ini adalah wilayah terluar di tepi wajah. Biasanya terjadi di kedua mata dan dapat disertai dengan bintik-bintik bitumen (deposisi keratin “berbusa”).

Kebutaan hitam juga dapat memanifestasikan dirinya dalam bintang dan sinar yang khas bila dilihat dalam cahaya terang di lingkungan yang gelap.

Gejala lain dari defisiensi ringan atau yang baru mulai mungkin termasuk kekeringan kronis pada mata dan permukaan mata yang kasar atau “bergelembung”, meskipun gejala ini saja tidak cukup untuk mendiagnosis defisiensi vitamin A.

Antibiotik mungkin diresepkan untuk mengobati infeksi, tetapi pertama-tama penting untuk menemui dokter yang akan membantu Anda dengan diet dan suplemen apa pun.

See also  Cara Mengetahui Apakah Anda Menderita Demensia

Jak přijímat více vitaminu A: 13 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Dapatkan tes darah. Jika Anda khawatir tentang kadar vitamin A Anda, Anda dapat meminta dokter Anda untuk melakukan tes darah sederhana untuk retinol untuk menentukan apakah Anda memiliki cukup vitamin A. Kisaran normal vitamin A dalam darah orang dewasa yang sehat adalah antara 50 dan 200 mikrogram per desiliter darah.

Anda mungkin perlu berpuasa 24 jam sebelum pengujian, yang juga berlaku untuk cairan. Dokter akan memberikan instruksi yang tepat.

Jika Anda memiliki kekurangan, dokter Anda mungkin akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi vitamin A dalam suplemen (kecuali Anda seorang wanita hamil) atau merujuk Anda ke ahli gizi untuk membantu Anda menyesuaikan pola makan Anda.

Jak přijímat více vitaminu A: 13 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Mintalah anak Anda diperiksa. Anak-anak paling rentan terhadap kekurangan vitamin A, yang dapat mengakibatkan pertumbuhan yang lambat atau kekebalan yang berkurang terhadap infeksi.

Pada anak-anak, kekurangan vitamin A bisa terjadi, misalnya karena tidak minum susu atau hilang karena diare kronis.

Jak přijímat více vitaminu A: 13 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Berhati-hatilah terutama selama kehamilan. Kekurangan vitamin A dapat bermanifestasi pada wanita di trimester ketiga kehamilan, karena di sinilah kebutuhan tubuh akan nutrisi dan vitamin terbesar terjadi, baik pada ibu maupun pada janin.

Sebagaimana dinyatakan di bagian Peringatan di bawah ini, wanita hamil tidak boleh mengonsumsi suplemen vitamin A kecuali diinstruksikan oleh dokter mereka, karena vitamin A dosis tinggi dapat membahayakan janin.

Konsumsi makanan tinggi vitamin A

Jak přijímat více vitaminu A: 13 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Makan sayuran yang berbeda. Sayuran merupakan sumber vitamin A yang sangat penting karena mengandung karotenoid seperti beta-karoten. Vitamin A mengandung sebagian besar sayuran berwarna oranye, kuning dan merah seperti ubi jalar, labu, wortel dan labu. Sumber lain yang sangat baik dari vitamin ini adalah kubis, bayam, selada dan sayuran berdaun gelap lainnya.

Jak přijímat více vitaminu A: 13 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Makan buah. Beberapa buah-buahan, seperti mangga, aprikot dan melon, juga mengandung vitamin A dalam jumlah besar.

Satu mangga utuh mengandung sekitar 672 mikrogram, yaitu sekitar 45% dari dosis harian yang direkomendasikan.

Sumber vitamin A yang sangat baik adalah aprikot kering, yang mengandung 764 mikrogram dalam satu cangkir. Aprikot kalengan memiliki sedikit vitamin A, sekitar 338 mikrogram per cangkir.

Blewah segar adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Satu cangkir melon segar mengandung 286 mikrogram.

See also  Cara Melakukan Pijat Bendungan

Beberapa ahli kesehatan merekomendasikan agar wanita meningkatkan asupan vitamin A mereka sebesar 40% selama kehamilan dan hingga 90% selama menyusui.

Jak přijímat více vitaminu A: 13 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Sertakan makanan hewani dalam diet Anda. Makanan asal hewani mengandung vitamin A dalam bentuk “retinol”, yang diubah menjadi karotenoid (vitamin A tumbuhan) di dalam tubuh saat tertelan. Makanan kaya retinol termasuk hati, telur dan ikan berlemak.

Karena penyerapannya yang cepat dan ekskresinya yang lambat, retinol adalah bentuk vitamin A yang dapat dengan mudah overdosis. Oleh karena itu, Anda harus sangat berhati-hati saat mengonsumsi sumber daya hewani. Gejala keracunan akut yang tidak boleh Anda abaikan termasuk mual atau muntah, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, pusing, dan kelelahan yang berlebihan.

Toksisitas akut vitamin A relatif jarang. Toksisitas kronis, yang berkembang dari waktu ke waktu, lebih umum. Namun, orang dewasa harus mengonsumsi lebih dari 7.500 mikrogram (7,5 miligram) per hari selama enam tahun untuk mencapai batas toksik, tetapi ini juga dipengaruhi oleh keragaman kita masing-masing. Jadi Anda harus berhati-hati dengan retinol dan mencoba untuk tidak meminumnya terlalu banyak.

Kadar retinol juga dapat dipengaruhi oleh penggunaan kosmetik vitamin A pada kulit, seperti berbagai krim atau salep jerawat.

Jak přijímat více vitaminu A: 13 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Sertakan produk susu dalam diet Anda. Susu, yogurt, dan keju juga mengandung vitamin A.

Satu cangkir susu menyediakan sekitar 10-14% dari tunjangan harian yang direkomendasikan vitamin A. 100 gram keju biasanya mengandung sekitar 3-18% dari tunjangan harian yang direkomendasikan vitamin A.

Jak přijímat více vitaminu A: 13 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi. Seorang ahli tepercaya dapat memberi tahu Anda tentang cara mengidentifikasi makanan yang paling sesuai dengan diet Anda.

Dokter Anda mungkin merekomendasikan ahli diet atau ahli gizi tertentu. Jika tidak, temukan sendiri. Hubungi rumah sakit atau dokter umum setempat Anda dan dapatkan saran. Anda juga dapat mencari spesialis di Internet.

Anda dapat menemukan ahli gizi yang cocok di wilayah Anda di situs web Výživoví-poradci.cz.

Mengkonsumsi suplemen vitamin A

Jak přijímat více vitaminu A: 13 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Cari tahu tunjangan harian yang direkomendasikan untuk anak-anak. Suplemen makanan tersedia dalam berbagai dosis, jadi Anda perlu mengetahui tunjangan harian yang direkomendasikan untuk semua suplemen yang akan Anda berikan kepada anak-anak Anda.

See also  Cara Mengobati Luka Bakar Di Tangan

Untuk bayi baru lahir hingga usia 6 bulan, vitamin A DDD adalah 400 mikrogram (0,4 miligram).

Untuk bayi baru lahir berusia 7-12 bulan, vitamin A DDD adalah 500 mikrogram (0,5 miligram).

Untuk anak usia 1-3 tahun, DDD vitamin A adalah 300 mikrogram (0,3 miligram).

Untuk anak usia 4-8 tahun, DDD vitamin A adalah 400 mikrogram (0,4 miligram).

Untuk anak usia 9-13, vitamin A DDD adalah 600 mikrogram (0,6 miligram).

Untuk anak usia 14-18, vitamin A DDD adalah 700 mikrogram (0,7 miligram) untuk anak perempuan dan 900 mikrogram (0,9 miligram) untuk anak laki-laki.

Jak přijímat více vitaminu A: 13 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Cari tahu tunjangan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Orang dewasa membutuhkan vitamin A lebih banyak daripada anak-anak, dan juga sangat penting bagi mereka untuk mengetahui tunjangan harian yang direkomendasikan untuk semua vitamin yang digunakan, termasuk “ac”.

Untuk pria di atas 19 tahun, DDD vitamin A adalah 900 mikrogram (0,9 miligram).

Untuk wanita di atas usia 19 tahun, DDD vitamin A adalah 700 mikrogram (0,7 miligram).

Untuk ibu hamil di bawah usia 18 tahun, DDD vitamin A adalah 750 mikrogram (0,75 miligram).

Untuk wanita hamil di atas 19 tahun, DDD vitamin A adalah 770 mikrogram (0,77 miligram).

Untuk wanita menyusui di bawah usia 18 tahun, vitamin A DDD adalah 1200 mikrogram (1,2 miligram).

Untuk wanita menyusui di atas usia 19 tahun, DDD vitamin A adalah 1300 mikrogram (1,3 miligram).

Jak přijímat více vitaminu A: 13 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Jangan melebihi tunjangan harian vitamin A yang direkomendasikan. Konsumsi vitamin A yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Bayi baru lahir di bawah usia satu tahun tidak boleh mengonsumsi lebih dari 600 mikrogram (0,6 miligram) vitamin A.

Anak-anak berusia 1-3 tahun tidak boleh mengonsumsi lebih dari 600 mikrogram (0,6 miligram) vitamin A per hari.

Anak-anak usia 4-8 tahun tidak boleh mengonsumsi lebih dari 900 mikrogram (0,9 miligram) vitamin A per hari.

Anak-anak berusia 9-13 tahun tidak boleh mengonsumsi lebih dari 1700 mikrogram (1,7 miligram) vitamin A per hari.

Anak-anak berusia 14-18 tahun tidak boleh mengonsumsi lebih dari 2800 mikrogram (2,8 miligram) vitamin A per hari.

Orang dewasa di atas usia 19 tahun tidak boleh mengonsumsi lebih dari 3.000 mikrogram (3 miligram) vitamin A per hari.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.